Saturday, December 18, 2010

Materi Terberat - Neutron Star

Mana yang lebih berat? 1 kg kapas atau 1 kg besi baja? Jawabannya adalah: kedua materi tersebutmemiliki berat yang sama, yaitu 1 Kg. Hanya saja jumlah untuk mencapai berat 1 Kg tersebut yang berbeda karena kedua materi tadi memiliki massa yang berbeda. Maka objek terberat yang akan kita bahas kali ini diukur berdasarkan perbandingan massa dan berat. Pertanyaan pun berubah menjadi: berat mana 1 ember kapas dengan 1 ember besi baja? Maka jawabannya adalah 1 ember besi baja. Dengan perbandingan seperti ini, maka objek terberat dengan massa terkecil adalah NEUTRON STAR.

NEUTRON STAR

Suatu saat nanti, Matahari sebagai bintang yang terdekat dengan kita akan kehabisan bahan bakar untuk melangsungkan kehidupannya yang bersumber pada reaksi nuklir. Matahari akan membesar dan terus membesar menelan dan meleburkan planet-planetnya. Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter bahkan sampai Saturnus. Ketika ia telah mencapai ukuran maksimalnya, Matahari akan menyusut dengan cepat akibat kekuatan gravitasi yang berada didalam intinya.

Ketika menyusut, semua atom-atom yang dimiliki matahari yang jumlahnya tidak terhitung akan mengalami tekanan yang luar biasa besar. Gravitasi akan memaksa mereka untuk berkumpul didalam suatu area yang kecil. Bahkan partikel-partikel yang meripakan bahan dasar atom-atom tersebut akan mengalami hal yang sama. Ditarik, diperas, dan dilumat dengan paksa kedalam inti Matahari oleh kekuatan gravitasi yang tidak terbayangkan. Hingga pada akhirnya Matahari yang saat ini berdiameter 1.392.000 Km akan menyusut menjadi 8 Km saja yang disebut dengan NEUTRON STAR. Inilah materi terberat yang ada di alam semesta ini. Saking beratnya, sepotong NEUTRON STAR dengan ukuran yang sama dengan kuku di ujung jari telunjuk anda akan memiliki berat 1.000.000.000.000 Kg.

CALVERA

Calvera

Calvera adalah julukan untuk neutron star yang terdekat dengan bumi. Calvera masuk dalam katalog benda langit dengan kode 1RXS J141256.0+792204. Jarak dari bumi adalah 858 tahun cahaya.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger templates Redesign by Yans Jedig 2010

Back to TOP