Wednesday, January 5, 2011

Benda Paling Terang - Enceledus

Sebenarnya lebih tepat bukan "paling terang" tapi "paling memantulkan cahaya", karena yang akan kita bahas kali ini bukanlah benda langit yang memancarkan cahaya sendiri seperti Matahari, tetapi yang paling memantulkan cahaya.

Solar System atau tata surya kita merupakan sebuah system yang terdiri dari satu buah bintang (Matahari), 8 buah Planet, ratusan satelit alami (bulan), puluhan ribu komet dan jutaan benda langit lainnya. Dan salah satu diantara mereka ada yang begitu terang dlam memantulkan cahaya matahari. Dia adalah....

ENCELADUS

Enceladus adalah satelit alami keenam terbesar yang mengelilingi Saturnus. Ia ditemukan oleh William Herschel pada tahun 1789. Seperti sateliyt alami laiinya. Enceladus terdiri dari kawah-kawah, perbukitan dan lembah-lembah yang terjal. Enceladus pun merupakan benda langit yang masih aktif secara geologis.

Artist concept: Saturnus dilihat dari permukaan Enceladus

Yang membuat Enceladus menjadi benda langit yang paling memantulkan cahaya adalah karena 99% permukaannya ditutupi air yang membeku atau es. Diperkirakan ketebalan es yang menyelimuti Enceledus rata-rata setebal 200km. Dan dibawah permukaan es ini, besar kemungkinan terdapat samudera yang begitu luas dan dalam.

Enceladus dari Wahana Antariksa Cassini

Permukaan yang ditutupi es inilah yang membuat Enceladus merupakan benda langit yang paling memantulkan cahaya di seantero Tatasurya kita.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger templates Redesign by Yans Jedig 2010

Back to TOP